Penjelasan inter-axle diff lock dan cara kerjanya

Didha Blog – Pengunci diferensial antar gandar atau interaxle diff lock pada kendaraan digunakan untuk mengunci Gandar pertama dengan gandar belakang atau tandem. Pengunci diferensial dikontrol oleh tuas atau katup kontrol dorong-tarik pada panel instrumen.

Fitur ini hanya dapat berada dalam dua posisi — mengunci atau membuka kunci — seperti yang ditunjukkan.

Secara berkala, katup harus dioperasikan untuk memastikannya bergerak bebas; biasanya katup harus disimpan dalam posisi tidak terkunci.

Gunakan posisi kunci hanya saat Anda mendekati kondisi di mana salah satu atau kedua roda poros dapat tergelincir. Katup mengunci diferensial dan menyebabkannya bertindak sebagai “penggerak tembus”, yang mentransmisikan daya secara merata ke kedua gandar. Hindari penggunaan pengunci diferensial yang tidak perlu karena akan mengakibatkan keausan ban dan ketegangan poros.

Perhatian: Anda tidak boleh mengaktifkan kunci diferensial saat roda benar-benar berputar.

Catatan: Petunjuk pengoperasian yang benar bervariasi dari pabrikan ke pabrikan. Lihat manual pemilik Anda untuk instruksi lebih lanjut. Fitur ini dalam buku penggunaan bawaan pabrik disebut interaxle diffential lock, diffential lock system, pengunci antar gandar, pengunci 6X4, dll.

MENGAPA DIFF LOCK SANGAT PENTING?
Pengunci diff memaksa semua roda berputar pada kecepatan yang sama, terlepas dari traksi. Ini berguna jika Anda menghadapi medan yang sulit dan satu atau lebih roda meninggalkan tanah, karena tenaga penuh tetap berada di roda lain untuk memastikan Anda masih bergerak ke arah perjalanan.

Misalnya, Anda mengemudi di atas medan berbatu dan salah satu roda Anda meninggalkan tanah. Ini mungkin roda yang memiliki tenaga penggerak paling besar, membuat tiga roda lainnya kesulitan mendapatkan traksi yang cukup untuk mendorong kendaraan ke depan. Diferensial penguncian memastikan bahwa daya maksimum dimasukkan ke semua roda, memberikan dorongan yang sangat dibutuhkan untuk penggerak maju Anda.

Oleh karena itu, kunci diferensial Anda menyediakan sistem kontrol traksi dan merupakan komponen kunci untuk mencegah roda berputar, yang dapat menjadi penyelamat dalam kondisi berkendara yang berbahaya, seperti salju atau es.

CARA MENGGUNAKAN DIFF LOCK SAAT MENGEMUDI
Pertama, kunci pembeda tidak boleh digunakan untuk mengemudi di jalan raya, kecuali jika kondisi cuaca seperti salju atau es mengharuskan traksi ekstra. Gunakan penguncian diferensial saat Anda ingin keluar dari jalan raya, untuk berkendara di medan yang sulit, seperti tanah, kerikil, lumpur, atau salju. Anda hanya perlu menggunakan penguncian diferensial saat Anda membutuhkan daya tarik ekstra, jadi Anda hanya dapat menggunakannya untuk beberapa saat di setiap petualangan off road.

Ada dua jenis perbedaan penguncian – otomatis dan manual.

Kunci diff otomatis akan aktif secara otomatis saat traksi hilang. Kunci diff akan terlepas setelah traksi telah pulih. Beberapa perbedaan penguncian otomatis hanya akan terlepas setelah satu roda diperlukan untuk berputar lebih cepat daripada yang lain.

Kunci diff manual membuat pengemudi memegang kendali, memungkinkan mereka memutuskan kapan dan jika traksi ekstra diperlukan. Ada berbagai jenis kunci diff manual, yang sebagian besar bekerja menggunakan sakelar di dasbor atau tongkat persneling. Ini bekerja dengan udara terkompresi, elektromagnet, atau dioperasikan dengan kabel.

Saat diferensial Anda terkunci, kendaraan Anda akan ingin mengemudi dalam garis lurus, mempersulit tikungan. Dengarkan kendaraan Anda dan jangan memberikan tekanan yang berlebihan padanya, jika tidak, Anda dapat menyebabkan kerusakan parah pada asnya.

Penggemar off road berbeda pendapat tentang mana dari tiga kunci diff potensial (depan, belakang atau tengah) yang bekerja paling baik, dan sementara perbedaan penguncian belakang tampaknya disukai, Anda akan menemukan sistem Anda sendiri saat Anda turun ke trek.

Setelah Anda menguasai kunci diferensial, melintasi off road akan menjadi jauh lebih menarik, karena Anda akan dapat mengambil trek yang lebih menantang dan medan yang sulit.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*