Ford Branco 2021: SUV Compact dengan Performa Off-road Garang

Didha Blog – Saya akan mereview ford branco keluaran 2021, mungkin mobil ini tidak tersedia resmi di Indonesia namun setidaknya bisa menambah referensi dunia otomotif kalian. “Seandainya saya yang keluar dari sini bersama kru kami,” saya berkata kepada karyawan Ford yang bertengger di lereng bukit di samping saya, “Saya bahkan tidak akan mencobanya dengan stock crossover.”

Saya tidak membela ego apa pun; Aku serius. Saya telah membawa cukup banyak truk dan SUV kembali dengan kerusakan tubuh (atau lebih buruk) untuk mengetahui rintangan mana yang menimbulkan masalah. Dua jam setelah mengemudikan Ford Bronco Sport 2021 melalui jalur yang cukup sulit dan sudah sangat terkesan dengan apa yang bisa dilakukan rig kecil itu, saya masih tidak akan peduli dengan hambatan itu. Pendekatan awal cukup curam untuk dijadikan anak tangga. Selokan di dalamnya cukup sempit sehingga satu-satunya jalur pendorong adalah dengan menerobosnya, mengangkangi parit dalam berbentuk V yang mengalir di tengah. Melihat itu, saya pikir Anda akan menjalankan bumper ke tangga sebelum Anda membawa ban ke rintangan. Saya salah.

Bronco Sport beringsut naik ke lereng bukit, bannya masuk, hidungnya naik, dan SUV kecil itu menjawab tantangannya. Oh, dan apakah saya menyebutkan bahwa ini adalah satu-satunya kendaraan di seluruh grup yang menggunakan ban Pirelli Scorpion ATR standar? Segala sesuatu yang lain memiliki Falken Wildpeak A / Ts opsional dengan pola tapak yang jauh lebih agresif.

Itu, bagaimanapun, masih merupakan Badlands Olahraga Bronco seperti yang lain, dan itu penting. Bronco Sport Badlands (dan Edisi Pertama, yang dijalankan terbatas dan berdasarkan Badlands) diberkahi dengan perangkat keras off-road yang serius. Tepat di depan, ini adalah satu-satunya trim untuk mendapatkan I-4 2.0 liter turbocharged yang jauh lebih bertenaga dengan 250 hp dan 277 lb-ft dibandingkan dengan 1.5 liter turbo I-3 yang 181 hp dan 190 lb-ft. Di belakang, itu terhubung ke poros belakang yang ditingkatkan dengan paket kopling di setiap poros setengah. Ini memungkinkan sistem penggerak semua roda untuk mengirimkan tenaga ke roda atau roda yang memiliki cengkeraman paling besar. Ini juga bisa berfungsi sebagai pengunci poros belakang dan torsi bias ke roda luar agar kendaraan lebih gesit.

Anda dapat mengontrol bagaimana komputer membagi tenaga mesin melalui kenop di konsol tengah di belakang pemindah gigi putar. Berlabel G.O.A.T. Mode (Goes Over Any Terrain, panggilan balik ke Bronco asli), Bronco Sport Badlands memiliki tujuh program berbeda untuk jalan dan tanah. Model Badlands mendapatkan mode Rock Crawl dan Mud and Ruts, yang memanfaatkan trik as roda belakang, sementara semua Bronco Sports lainnya menggunakan lima mode. Selain mode, Anda dapat mengunci sistem penggerak empat roda secara manual, secara manual “mengunci” (melalui program perangkat lunak yang cerdas) poros belakang, atau mengaktifkan cruise control off-road dengan tombol keras di samping kenop mode.

Badlands juga mendapatkan kamera depan standar yang bekerja secara otomatis di bawah 15 mph dalam semua mode off-road dan dapat dihidupkan dari tombol di bawah layar infotainment di mode lain. Ini dapat ditingkatkan dengan overlay yang menunjukkan jalur ban seperti yang dilakukan Jeep, sama seperti kamera cadangan yang menunjukkan kemana arah belakang.

Semua perangkat lunak trik di dunia tidak akan membantu Anda dengan ground clearance yang buruk, overhang yang panjang, dan sudut pendekatan dan keberangkatan yang buruk, tetapi Bronco Sport juga tidak memilikinya. Badlands memiliki kendaraan yang lebih tinggi dan memiliki bodywork unik yang dirancang untuk memberikan jarak yang lebih baik di medan off-road daripada Bronco Sports standar, dan kami menggunakannya. Dengan ground clearance 8,8 inci pada ban opsional, sudut pendekatan 30,4 derajat, sudut berangkat 32,8 derajat, dan sudut breakover 20,4 derajat, ini hampir seperti fotokopi Jeep Compass Trailhawk, hanya dengan tenaga yang jauh lebih besar.

Membuat tenaga tersebut dengan turbocharger berarti Bronco Sport tidak pernah mengalami efek distorsi pada tanjakan saat kami mendaki Pegunungan Inyo yang gersang ke kabin pertambangan tua yang bertengger di punggung bukit berangin menghadap Death Valley di timur dan Mt. Whitney ke barat, titik tertinggi dan terendah di bawah 48. Ia memanjat di atas bebatuan, mengangkangi bekas roda yang dalam, memanjat masuk dan keluar dari pencucian, parit, dan parit, dan naik ke lereng bukit yang lepas. Kami sesekali menggunakan pelat baja yang melindungi mesin dan transmisi serta pelat baja yang melindungi tangki bahan bakar, tetapi tidak sesering yang saya harapkan.

Mode Rock Crawl hardcore digunakan hanya jika diperlukan; sama dengan loker belakang. Karena ini bukan diferensial penguncian mekanis yang sebenarnya, yang terakhir akan menjadi terlalu panas jika Anda membiarkannya terus-menerus dan komputer akan mengurangi daya mesin untuk mendinginkannya, tetapi Anda tidak membutuhkannya hampir sepanjang waktu. Bahkan mode Normal akan membantu Anda melewati banyak hal, dengan Mud and Ruts menangani semua kecuali hal-hal terberat.

Kami jarang membutuhkan loker belakang, dan kredit diberikan untuk perangkat lunak dan suspensi. Ya, Bronco Sport dibangun di atas platform yang sama dengan Escape yang sekarang jauh lebih jalan raya (platform ini dirancang dengan mempertimbangkan keduanya), tetapi Anda tidak akan mengetahuinya dari melihatnya atau mengendarainya. Tautan suspensi yang panjang memungkinkan banyak pergerakan roda dan menjaga ban tetap di tanah dalam situasi off-kilter. Guncangan belakang ekstra besar dan guncangan depan dengan bumper jounce hidraulik terintegrasi memungkinkan Bronco Sport mengambil lebih banyak penyalahgunaan daripada yang biasa dilakukan oleh pemilik rata-rata. Peredamnya kaku untuk menjaga roda tetap terkendali, tetapi pegasnya lembut untuk perpanjangan maksimum. Banyak perdebatan panjang antara para insinyur yang memperdebatkan artikulasi versus penanganan di jalan raya, dan artikulasi memenangkan pertarungan.

Kami juga tidak hanya mendaki gunung. Tidak jauh dari dasar Pegunungan Inyo adalah Bukit Olancha. Berkeliling di sekitar pantai, pantai, gurun, dan bukit pasir adalah prioritas teknik utama Ford, sedemikian rupa sehingga semua Olahraga Bronco memiliki mode Pasir. Mengirimkan tenaga ke belakang dan memprioritaskan torsi ke roda luar memungkinkan SUV all-wheel-drive kecil ini meluncur seperti truk berpenggerak empat roda saat Anda mengukir bukit pasir. Kami menurunkan tekanan udara hingga pertengahan 20-an, tetapi orang-orang Ford memberi tahu kami bahwa Anda bisa turun ke remaja untuk traksi maksimum.

Ditayangkan ke atas dan ke belakang di trotoar, yang benar-benar mengesankan tentang Bronco Sport adalah betapa bagusnya berkendara saat Anda tidak melakukan hal-hal yang Anda lihat di iklan mobil. Berkat lapisan suara seperti karpet yang mematikan di bawah kendaraan, ternyata sangat sunyi di dalam meski menggunakan ban off-road. Apa pun trade-off penanganan yang dibuat Ford atas nama kemampuan off-road adalah bagus karena Bronco Sport menangani dengan baik untuk SUV crossover. Mesin 2.0 liter yang lebih besar terasa kuat dan responsif, transmisi delapan kecepatan pintar dan tidak mengganggu. Throttle dan pedal rem, yang keduanya terasa terlalu agresif untuk pekerjaan off-road, merespons dengan baik dalam berkendara sehari-hari.

Sistem standar Co-Pilot360 Ford mengemas daftar bantuan pengemudi pasif dan aktif untuk memperingatkan Anda akan rintangan, membantu Anda tetap di jalur, dan membantu Anda menghindari menabrak sesuatu. Namun, showstopper sebenarnya adalah sistem Co-Pilot360 Assist + opsional, yang menambahkan fitur cruise control adaptif dan pemusatan jalur yang hampir cukup baik untuk memungkinkan Anda melepaskan tangan dari kemudi di jalan raya.

Atap tinggi dan jendela besar memberi kabin kesan terbuka dan lapang, dengan ruang kepala yang cukup untuk mengemudi dengan memakai Stetson. Cubbies di bawah layar infotainment dan di bawah kontrol iklim dengan mudah menelan ponsel, dompet, dan apa pun yang Anda miliki. Port pengisian daya untuk telepon mudah dijangkau, meskipun opsi pengisi daya nirkabel akan menyenangkan karena akan memungkinkan telepon berbaring rata. Apa pun yang tidak muat di ruang-ruang itu bisa masuk ke saku di sisi kursi depan atau di saku ritsleting di bagian belakangnya. Kursi belakang terasa sedikit sesak dan mengandalkan ukiran di sandaran kursi depan untuk memberikan ruang kaki yang memadai. Ruang kargo cukup dalam untuk menempatkan pendingin secara memanjang, dan dikuadratkan untuk memaksimalkan volume. Mampu mengaksesnya dengan membuka hanya jendela belakang seperti di SUV jadul adalah bonus tambahan.

Jika ada satu ketukan nyata pada Bronco Sport, itu adalah plastik kelas industri yang mengisi sebagian besar kabin. Itu adalah sesuatu yang kami gunakan untuk Ford di kendaraan lain, dan itu juga benar di sini. Dengan harga $ 36.140 untuk kendaraan uji Badlands kami, barang ini terlihat murah. Satu-satunya anugrah di sini adalah, tidak seperti Ford lainnya dan sebagian besar kompetisi non-Jeep, Bronco Sport adalah off-roader serius yang Anda harapkan penuh untuk menjadi kotor dan usang. Plastik ini sepertinya akan tahan terhadap beberapa penyalahgunaan, jadi ingatkan diri Anda tentang hal itu saat Anda melakukan cross-shop Toyota atau kendaraan lain.

Jika tidak, Bronco Sport memberikan kemampuan dan gaya off-road yang berlebihan sambil tetap menyenangkan dan nyaman selama enam hari dalam seminggu Anda tidak menyetir. Jauh dari penipu atau penipu, itu setiap anggota keluarga Bronco yang layak dan SUV kecil yang sangat bagus juga.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*