Fitur kips pada kawasaki ninja

Didha Blog – pasti kalian pernah bertanya tanya apa sih kips pada motor Kawasaki ninja ? Kips itu singkatan dari Kawasaki Integrated Power Valve System. Yap, itu fitur katup pada mesin keluaran kawasaki yang membuat tenaga mesin lebih maksimal.

Sistem katup daya KIPS dan CDI bekerja sama untuk memperluas jangkauan daya berguna yang dihasilkan oleh mesin. Mereka melakukannya dengan memanipulasi dimensi dan waktu lubang pembuangan serta waktu pengapian.

Dengan memanipulasi dimensi lubang buang dan mesin pengatur waktu, perancang / tuner mengontrol langkah efektif, kecepatan gas buang, dan tekanan gelombang kompresi. Untuk memahami bagaimana mereka bekerja sama, pertama-tama kita perlu memahami bagaimana mereka bekerja secara individu.

Langkah efektif adalah ukuran jarak dari Top Dead Center (titik tertinggi dalam perjalanan piston) ke saat bukaan knalpot terbuka. Menambah jarak meningkatkan kompresi silinder karena piston dan ring mampu menjebak lebih banyak udara. Pada rpm yang lebih rendah, rasio kompresi yang lebih tinggi memungkinkan engine menghasilkan tenaga terbaik untuk kisaran rendah hingga menengah. Pada rpm yang lebih tinggi, mesin membutuhkan rasio kompresi yang lebih rendah dan oleh karena itu langkah efektif yang lebih pendek agar motor dapat berputar lebih tinggi dan menghasilkan tenaga sebaik mungkin. Jika kompresi tidak diturunkan, peningkatan tekanan yang lebih cepat pada rpm tinggi akan menyebabkan gas pembakaran menyala otomatis / predetonasi yang mengakibatkan panas berlebih dan kerusakan mesin yang parah.

Untuk memahami pentingnya tekanan dan kecepatan gas buang, pertama-tama kita perlu memahami peran ruang ekspansi dan pengaruhnya terhadap daya. Setelah membaca Cara Kerja Ruang Ekspansi Dua Langkah, kita dapat melihat betapa pentingnya mengatur waktu gelombang kompresi positif dan negatif dengan benar untuk memaksimalkan output mesin. Gelombang ini bergerak dengan kecepatan ultra-sonik sehingga pengaturan waktu adalah segalanya. Gelombang kompresi negatif membantu mengais gas yang terbakar keluar dari silinder dan gelombang kompresi positif memaksa udara / bahan bakar yang tidak terbakar kembali ke dalam silinder. Ruang ekspansi sebenarnya adalah pengisi daya super yang memaksa lebih banyak campuran bahan bakar / udara yang tidak terbakar ke dalam silinder daripada volume yang dihitung. Mesin XR 250 empat langkah misalnya dapat membakar sekitar 220cc bahan bakar / udara setiap 720 ° putaran poros engkol tetapi mesin KDX 200cc dua langkah dapat membakar sekitar 288cc campuran bahan bakar / udara setiap 360 ° putaran poros engkol . Mesin dua langkah menghasilkan lebih banyak tenaga per cc perpindahan dan memproduksinya dua kali lebih sering. Itulah mengapa dua langkah secara teoritis mampu menghasilkan tenaga dua kali lipat dari mesin empat langkah dengan perpindahan yang sama.

Lalu bagaimana cara mengontrol tekanan dan kecepatan gas buang dapat meningkatkan kinerja mesin? Kecepatan dan tekanan di mana gas buang keluar dari silinder menentukan waktu di mana gelombang kompresi kembali mencapai port pembuangan terbuka. Tujuannya adalah untuk mengatur waktu gelombang kompresi kembali sehingga mencapai lubang pembuangan saat masih terbuka penuh untuk memaksa sebanyak mungkin bahan bakar / udara yang tidak terbakar ke dalam silinder. Pada RPM rendah gelombang kompresi kembali terlalu dini. Ini memaksa campuran udara / bahan bakar yang tidak terbakar dari header kembali ke silinder tetapi lolos lagi melalui port pembuangan yang menariknya keluar dan mengalahkan tujuannya. Pada rpm tinggi gelombang kompresi dapat kembali dan menemukan port pembuangan tertutup sebagian atau seluruhnya, mengalahkan tujuannya.

Bagaimana katup KIPS meningkatkan daya rpm rendah dan tinggi?

Sistem katup KIPS terdiri dari serangkaian poros roda gigi yang digerakkan oleh advancer sentrifugal yang memutar dua port sub-knalpot dan katup geser port knalpot utama ke posisinya. Penggerak sentrifugal digerakkan dari poros engkol. Saat kecepatan mesin mencapai sekitar 6000rpm gaya sentrifugal pada beban mengatasi tekanan yang dikutip oleh pegas dan advancer terkunci terbuka. Poros advancer mentransfer gerakan ini ke tuas poros advancer, ke poros utama dan ke katup geser dan sub-katup yang menyebabkannya terbuka.

Hingga 6000 rpm, Katup Geser dijatuhkan ke port knalpot utama, sub port dalam posisi tertutup dan resonator Halmhotz terbuka ke port knalpot. Katup geser yang diturunkan meningkatkan langkah efektif mesin, meningkatkan kompresi untuk kinerja rpm rendah yang lebih baik. Port sub-knalpot ditutup untuk memperlambat keluarnya gas buang, memperlambat gelombang kompresi yang kembali. Resonator Helmhotz terbuka, menghasilkan gelombang tekanan tertunda yang menghambat keluarnya udara / bahan bakar dari silinder. CDI memajukan pengapian dari sekitar 6 ° BTDC saat idle, menjadi 21 ° BTDC pada 6000rpm, memungkinkan bagian depan api cukup waktu untuk bergerak melintasi ruang, menghasilkan kenaikan tekanan sebesar mungkin. Katup CDI dan KIPS bekerja sama untuk menghasilkan kinerja low-end terbaik.

Pada 6000 rpm, katup geser terkunci terbuka, sub port menutup dan CDI memperlambat pengapian kembali ke pengaturan dasar (idle). Katup geser yang ditinggikan menurunkan langkah efektif mesin, menurunkan kompresi yang mencegah peledakan otomatis dan mengontrol suhu silinder. Membuka port sub-knalpot meningkatkan area port knalpot yang memungkinkan gas buang keluar lebih cepat, meningkatkan tenaga top-end. Resonator Halmhotz ditutup. Perlambatan pengapian memungkinkan bagian depan api cukup waktu untuk menyalakan muatan udara / bahan bakar, mengurangi kehilangan pemompaan dan memindahkan panas dari mahkota piston ke ruang ekspansi.

Seperti yang Anda lihat, katup KIPS tidak hanya merupakan keajaiban teknik tetapi juga sebuah karya seni.

Sistem KIPS awal dan generasi baru (1995 pada) hanya sedikit berbeda satu sama lain. Sistem yang lebih tua menggunakan katup yang berputar di port pembuangan utama dan penggerak mekanis untuk sistem KIPS berbeda. Bagaimanapun, tujuan akhirnya sama.

Pemeliharaan

Seiring waktu, karbon menumpuk di katup sub port dan menyebabkannya tersangkut di lubangnya. Ketika mereka melakukannya, poros advancer yang digerakkan memotong roda gigi dari katup sub port yang membuatnya tidak berguna. Untuk mencegah katup macet, penting untuk melepas dan membersihkan katup setiap kali ujung atas dibongkar untuk diperbaiki. Pengaliran yang tepat dan penggunaan oli dua langkah yang berkualitas juga akan meningkatkan masa pakai sistem KIPS dengan mencegah penumpukan karbon yang berlebihan pada katup buang. Tanda kerusakan katup sub-port adalah hilangnya daya ujung bawah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*